Mahasiswa Keperawatan Universitas Udayana Lolos PIMNAS Ke-36 Umum

`

Kabar membanggakan!!

Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners FK Unud telah lolos PIMNAS ke 36 dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa di bidang Pengabdian Masyarakat. Tim mengangkat judul "Program Manajemen Stres Berbasis Law of Attraction Pada Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Widya Guna Bali". Kegiatan ini dilaksanakan di Yayasan Widya Guna Bali, Gianyar dengan tim pelaksana 5 orang mahasiswa PSSKPPN FK UNUD angkatan 2020 dan 2021, diantaranya:

1. Ni Luh Putu Arista Supadmi (Mahasiswa PSSKPPN angkatan 2021)

2. Kadek Wanda Meliana (Mahasiswa PSSKPPN angkatan 2021)

3. Ni Gusti Ayu Made Aprillia Adwinayanti (Mahasiswa PSSKPPN angkatan 2021)

4. Ni Wayan Regitha Widiastuti (Mahasiswa PSSKPPN angkatan 2020)

5. Ni Putu Aggri Sugi Agestina (Mahasiswa PSSKPPN angkatan 2020)

Sedangkan dosen yang mendampingi adalah Dr. Ns. Putu Ayu Sani Utami, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom


Kegiatan PKM-PM LOA terdiri dari 3 kegiatan utama, yaitu scripting, affirmation dan visualization. Pertama, kegiatan ini dimulai dari scripting (jurnal syukur) dengan membagikan sebuah buku dan pulpen yang nantinya para orang tua akan menuliskan rasa syukur mereka dibuku tersebut. Selain itu, mereka juga ada menuliskan rasa syukur mereka pada catatan kecil yang selanjutnya akan ditempelkan pada papan harapan. Lalu kegiatan kedua dilanjutkan dengan affirmation (afirmasi positif) yaitu para orang tua mengungkapkan hal-hal positif dan berharga yang bermanfaat untuk meningkatkan energi positif. Kegiatan ketiga dilanjutkan dengan visualization (mengimajinasikan) yaitu membayangkan hal-hal indah dalam hidup mereka. Kegiatan ini dipayungi dalam bentuk Self Helf Group (SHG) sehingga lebih melibatkan kerjasama, dukungan, dan empati satu sama lain. Serta bisa dikombinasikan dengan beberapa kegiatan mulai dari yoga savasana, therapautic touch, hingga senam. Kegiatan ini dilakukan selama 8 kali berturut-turut di bulan Agustus 2023.


Melalui kegiatan ini, para orang tua dengan anak berkebutuhan khusus mampu memanajemen stres mereka dan mampu menarik energi positif dari lingkungan sekitar. Hal ini dibuktikan dengan testimoni serta hasil evaluasi tingkat stres yang mengalami penurunan. 


Informasi selengkapnya bisa mengunjungi Intagram @pkmpm_manstresloa